Mukadimah

Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab-Nya Al-Quran dalam bahasa Arab agar kalian menjadi orang yang bertakwa dan yang memudahkan Al-Quran untuk diingat agar kalian memahaminya, sholawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad sholallahu alaihi wassalam, yang beliau merupakan orang Arab yang diutus dengan kitab yang jelas.
Sesungguhnya kebutuhan kaum muslimin untuk mengenal kaidah bahasa Arab merupakan perkara yang urgen, yang ketika dengan hal tersebut menjadi sebab dalam memahami Al-Quran dan Sunnah.
Rasulullah memerintahkan kepada kita agar senantiasa kita berpegang kepada keduanya (yaitu Al-Quran dan Sunnah) dan mengamalkan apa yang didalam keduanya, dan tidaklah mungkin kita dapat memahami keduanya dengan pemahaman yang sempurna kecuali setelah mengerti kaidah bahasa Arab.
Dan kebanyaan kaum muslimin berkeyakinan bahwa kaidah bahasa Arab di lihat dari sisi banyaknya (cakupannya yang luas) merupakan perkara yang sulit dan dari sisi tidak mungkin seseorang dapat memahaminya kecuali dengan mengkhususkan untuk mempelajarinya.

Namun kitab “Al-Muyassar fi ilmi nahwi”, tersedia dengan ungkapan dan contoh yang mudah, sehingga mudah untuk dipahami terlebih bagi para pemula yang mempelajari ilmu nahwu.
Aku memohon kepada Allah agar menjadikan karya ini ikhlas karena mengharap wajah-Nya yang mulia dan bermanfaat bagi kami di hari akhir nanti dan Dia Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Garut, Syawal 1408 H

Ustadz Aceng Zakariya, semoga Allah menjaga beliau.