Beberapa poin tentang Sya’ban

oleh : Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin rahimahullah

Wahai kaum muslimin, sesungguhnya kita telah berada pada bulan Sya’ban dan kami akan berbicara sekitar bulan Sya’ban dalam 6 poin yang kita jelaskan didalamnya apa yang wajib laksanakan bagi kita, dan kita memohon kepada Allah memberikan rezeki kepada kita, dan Allah memberikan kepada kalian semua, ilmu yang bermanfaat dan amal yg sholeh.

Pertama, Puasa Sya’ban
Apakah beda Sya’ban dengan puasanya dan selain dari bulan Sya’ban?
Iya, sungguh Nabi memperbanyak puasa didalamnya (dalam bulan Sya’ban), sampai beliau hanya sedikit berbuka di dalamnya, maka termasuk sunnah bagi seorang muslim memperbanyak puasa di bulan Sya’ban, dalam rangka untuk mencontoh Nabi alaihi sholatu wassalam.

Kedua, Puasa setengah bulan Sya’ban atau puasa pada hari pertengahan bulan Sya’ban dengan mengkhususkannya.

Hal ini berasal dari hadits yang dhoif dan tidak shahih dari Nabi, sehingga segala sesuatu yang tidak tetap datang dari Nabi maka tidak boleh bagi seorang muslim beribadah kepada Allah dengan hal tersebut, maka tidak boleh berpuasa pada hari pertengahan (nisfu sya’ban) dengan mengkhususkannya; karena hal tersebut tidak datang tuntunan dari Nabi dan tertolak.

Ketiga, keutamaan malam nisfu sya’ban

Ini juga berasal dari hadits yang dhoif, tidak shahih dari Nabi. Maka malam pertengahan Sya’ban sama dengan pertengahan malam Rojab, Rabiul Awal dan Akhir, Jumadil Awal dan Akhir, dan tidak ada bedanya, sama saja dari malam-malam yang lainnya. Karena tidak ada hadits shahih yang menjelaskan tentang keutamaan/kelebihannya.

Keempat, Mengkhususkan sholat dipertengahan Sya’ban

Hal ini juga termasuk perkara yang baru dalam agama, karena tidak ada riwayat dari Nabi mengkhususkan malam tersebut dengan melakukan sholat didalamnya, namun sama seperti malam yang lainnya. Maka hendaknya seorang sholat pada malam itu, dan jika seorang tidak mempunya kebiasaan sholat malam, hendaknya tidak mengkhususkan sholat pada malam tersebut (malam nisfu sya’ban) karena hal tersebut tidak ada dasarnya dari Nabi. Sebagian manusia menghkhususkan dengan sholat banyak rakaat maka hal tsb juga tidak ada dasar dari Nabi; maka tidak ada kekhususan malam itu untuk sholat di dalamnya.

Kelima, Apakah malam itu di tetapkan sebagai malam qodar? Apakah dalam setahun malam qodar ditetapkan malam itu ?
Tidak, tidak ada malam qodar pada malam itu. Malam qodar hanya pada bulan Ramadhan sebagaimana firman Allah : (Sesungguhnya Kami telah menurunkannya..)

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.
(QS.Al-Qadar ayat 1-5)

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 185 : “Bulan Romadhon yang diturunkan di dalamnya Al-Quran”. Atas hal ini, bahwa lailatul qodar terjadi pada bulan Romadhon, karena malam yang diturunkan didalamnya Al-Quran. Maka sudah tertentu bahwa malam Qodar pada bulan Romadhon bukan pada malam nisfu sya’ban/pertengahan sya’ban. Maka malam pertengahan sya’ban bukanlah malam qadar, dan tidaklah di tetapkan takdir dalam setahun pada malam itu, akan etapi malam itu seperti malam-malam yang lainnya.

Keenam, Membuat makanan pada hari nisfu sya’ban

Sebagian kaum muslimin membuat makanan pada hari nisfu sya’ban dan membagikan pada fakir miskin serta mengatakan sebagai jamuan/makanan untuk ibu, makanan bapak, makanan orang tua. Hal ini termasuk perkara baru dalam agama karena tidak ada riwayat dari Nabi serta para sahabat yang melakukan hal tsb.

Hal-hal ini perkara yang perlu diperhatikan dan di tinggalkan. Dan kita mohon kepada Allah, agar menjadikan kita dapat menyebarkan sunnah dan berhati-hati terhadap perkara baru dalam agama, serta menjadikan kita termasuk orang-orang yang mendapatkan petunjuk dan mengikuti sunnah Nabi-Nya sholallahu alaihi wassalam.

Sumber : http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=8990

Leave a Comment